PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO BARAT TP 2015/ 2016

MARTAULI ARITONANG , 1213053066 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO BARAT TP 2015/ 2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1938Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (851Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi, dari jumlah 34 orang siswa masih terdapat 24 orang siswa (70,59%) belum mencapai KKM yaitu 66. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Barat dengan menggunakan model cooperative learning tipe listening team. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Teknik non tes dengan cara observasi menggunakan lembar observasi untuk mengobservasi kinerja guru dan aktivitas siswa. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe listening team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh kategori “Cukup Aktif” dan siklus II memperoleh kategori “Aktif”. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh kategori “Cukup Aktif” dan siklus II memperoleh kategori “Sangat Aktif”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I memperoleh kategori “Tuntas” dan siklus II memperoleh kategori “Tuntas”. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I memperoleh kategori “Sedang” dan siklus II memperoleh kategori “Tinggi”. Kata kunci: Cooperative learning tipe listening team, aktivitas siswa, hasil belajar dan IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 41331240 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:37
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22473

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir