PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 2 KESUMADADI

DWI NOVITA SARI, (1213053039) (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 2 KESUMADADI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2582Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2248Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yaitu 15 siswa (63,64%) yang masih berada dibawah KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengumpulkan data tentang kinerja guru dan motivasi siswa siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dilihat dari motivasi pada siklus I menunjukkan motivasi “Baik”, motivasi siswa pada siklus II menunjukkan motivasi “Baik”. Motivasi dan persentase siswa baik siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori “Kurang”, hasil belajar siswa pada siklus II dengan kategori “Baik’. Hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II telah mencapai ketuntasan. Kata kunci : Model role playing, motivasi, hasil belajar PKn.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 83873105 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:38
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir