GAYA BAHASA RETORIS DAN KIASAN DALAM BERITA REDAKSIANA DI TRANS 7 DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

ERIKA PRATIWI, 1213041030 (2016) GAYA BAHASA RETORIS DAN KIASAN DALAM BERITA REDAKSIANA DI TRANS 7 DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (964Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1364Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah penggunaan gaya bahasa, fungsi gaya bahasa retoris dan kiasan dalam berita Redaksiana di Trans 7, dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa, fungsi gaya bahasa retoris dan kiasan dalam berita Redaksiana di Trans 7, dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah tuturan dalam berita Redaksiana di Trans 7 periode bulan Juni—Oktober 2015. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data adalah teknik sampling purposive (acak) dan analisis data adalah teknik analisis teks. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, penulis menyimpulkan bahwa gaya bahasa dalam berita Redaksiana di Trans 7 adalah gaya bahasa retoris meliputi aliterasi, asonansi, erotesis atau pertanyaan retoris, dan hiperbol, kemudian gaya bahasa kiasan meliputi persamaan atau simile, metafora, dan personifikasi. Fungsi gaya bahasa retoris yang digunakan dalam berita Redaksiana di Trans 7 meliputi aliterasi berfungsi untuk membangkitkan suasana tertentu, asonansi berfungsi membangkitkan suasana tertentu, erotesis berfungsi mempengaruhi khalayak, koreksio berfungsi memperkuat efek gagasan, dan hiperbol berfungsi memberikan efek mendalam. Fungsi gaya bahasa kiasan meliputi persamaan berfungsi memberikan gambaran yang jelas, metafora berfungsi membuat cerita lebih hidup, dan personifikasi berfungsi memperindah penuturan itu sendiri. Rancangan gaya bahasa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu materi pembelajaran siswa kelas XI semester ganjil tentang menganalisis teks cerita pendek (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi) dengan cermat. Kata kunci : berita, gaya bahasa, pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 45638842 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:40
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir