PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY PADA MATERI DINAMIKA BENDA TEGAR

EKA NATALIA, 1213022021 (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY PADA MATERI DINAMIKA BENDA TEGAR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1544Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1347Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa program pembelajaran menggunakan e-Learning dengan Schoology, yang digunakan sebagai pengayaan pembelajaran pada Fisika SMA pokok bahasan Dinamika Benda Tegar, untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, serta kemanfaatan e-Learning dalam pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan produk e-Learning ditinjau dari hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan prosedur pengembangan dari Suyanto dan Sartinem yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal produk, uji eksternal produk, dan produksi. Uji coba produk terdiri dari uji satu lawan satu yang dilakukan pada tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 17 siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 16 Bandar lampung. Hasil uji coba penelitian ini menunjukkan bahwa e-Learning hasil pengembangan memiliki kualitas sangat menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat menurut pengguna. Selain itu, program pembelajaran menggunakan e-Learning dengan Schoology hasil pengembangan ini juga dinyatakan efektif digunakan sebagai pengayaan pembelajaran berdasarkan perolehan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 16 Bandar lampung yang mengalami peningkatan gain sebesar 0,53902 yang artinya peningkatan yang terjadi adalah peningkatan dengan klasifikasi sedang, sehingga dapat dikatakan bahwa produk hasil pengembangan ini efektif. Kata kunci: dinamika benda tegar, e-learning, schoology

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 32007670 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:54
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir