PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI DONGENG DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NURLELAWATI , 1423041020 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI DONGENG DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (1954Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1954Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (762Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang diteliti dalam penelitan ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Kompetensi Dasar (KD) menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan menggunakan media tersebut; pelaksanaan pembelajaran menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa; penilaian keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa; dan peningkatan keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan menggunakan media tersebut. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action research), yang dilaksanakan di SMPN 19 Bandarlampung, dengan subjek penelitian siswa kelas VII B dan satu orang guru bahasa Indonesia. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilaksanakan pada Sabtu, 07 November 2015, sedangkan siklus II dilaksanakan pada Jumat, 13 November 2015. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilakukan antara peneliti dan kolaborator. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prinsip PTK.. Hasil penelitian menunjukkan RPP pada KD menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan memanfaatkan media audio visual, telah disusun dengan baik dengan memanfaatkan media tersebut. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar dengan memanfaatkan media audio visual telah mengubah suasana pembelajaran jadi menyenangkan dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru yaitu, skor aktivitas pada siklus I 86,0, kemudian meningkat menjadi 94,0 pada siklus II. Penilaian keterampilan menuliskan kembali dongeng telah sesuai, yaitu menggunakan tes unjuk kerja dan rubrik penilaian. Ada peningkatan keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan memanfaatkan media ini, yaitu saat prasiklus skor rata-rata siswa 56,3, pada siklus pertama meningkat menjadi 76,6, dan siklus kedua meningkat lebih baik 90,4. Kata kunci: Keterampilan menulis, media audio visual. ABSTRACT The issues examined in this study is how to improve the rewriting fairy tale skills that student ever heard by using audio visual media. This study aims to describe ; lesson plan (RPP) on basic competencies (KD) rewriting fairy tale that student ever heard by using the media, skills assessment rewriting fairytale, upgrading rewriting fairytale skills. Models of research is classroom action research which is executed at SMPN 19 Bandarlampung. Research subjects are students of class VII B and one Bahasa Indonesia teacher. Study consisted of two cycles. Cycle I conducted on Saturday, November 7, 2015 and cycle II conducted on Friday, November 13, 2015. Consists of four stages; planning, implementation, observation and reflection. This research is a collaborative research conducted between researchers and collaborators. Data collection techniques used are test, observation and documentation. Data were analyzed qualitatively and quantitatively based on the principle of classroom action research. The results showed lesson plan at basic competencies rewriting fairytale that student ever heard using audio visual media have been prepared well by utilizing the media. Implementation rewriting fairytale has turned into a pleasant learning atmosphere and an increase in activity of students and teachers. Activity score in cycle 1, 86,0 then increased to 94,0 in the second cycle. Skills assessment rewrite fairy tales have been successful. There is an increasing skills rewriting fairytale by using media. When pre-cycle the average score of students are 56,3 on first cycle to 76,6 on second cycle increased better 90,4. Keyword: Writing skills, audio visual media.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 55876304 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2016 05:03
Terakhir diubah: 16 Jun 2016 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22542

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir