PUNGKI WAHANA PUTRA , (1113043031) (2016) PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN, AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENARIK (PAIKEM) PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 7 METRO TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK ( ABSTRACT).pdf Download (202Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2474Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAIKEM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran pendekatan PAIKEM, dan tari sigeh penguten. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru seni budaya dan 12 siswi kelas VIII D. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik Dalam proses pembelajaran ini terdiri dari aspek pembelajaran (PAIKEM) yaitu guru berperan sebagai fasilitator untuk merangsang siswa agar bisa lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Berikutnya, guru memberikan arahan untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam Hasil pembelajaran mengunakan pendekatan PAIKEM selama delapan kali pertemuan menunjukan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari sigeh penguten mendapat kriteria “cukup” pada saat penilaian menari sigeh penguten. Kata kunci: pembelajaran, tari sigeh penguten, pendekatan (PAIKEM) ABSTRACT The purpose of this research was to describe the process and the learning result by using PAIKEM approach. The theory used in this research was PAIKEM approach and Sigeh Penguten dance. It was a descriptive qualitative research. The sources of data in this research were art and culture teachers and twelve students of VIII D class. The data collecting techniques used in this research were observation, interview, documentation, and practice test. There were some learning aspects in this learning process of PAIKEM approach in which teacher acts as a facilitator to trigger students to be more active and creative in learning. Then, teachers gave instructions to help students to achieved the target of learning. In the result of learning through PAIKEM in eight meetings, it is shown that averagely, from the whole assessment aspects of Sigeh Penguten dance students,it reached the criteria of ‘sufficient’ during the assessment process. Keywords : the learning of sigeh penguten dance, approach (PAIKEM)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > ML Literature of music |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 59425373 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:41 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2016 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22551 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |