AHMAD HASANUDIN, 1213053007 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 SIDODADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3645Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3216Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori “Aktif” dan siklus II memperoleh kategori “Aktif”. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I dengan kategori “Cukup aktif” dan siklus II dengan kategori “Sangat aktif”. Nilai rata-rata siswa siklus I menunjukan kategori “Baik” dan siklus II dengan kategori “Sangat baik”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan kategori “Tinggi” dan siklus II dengan kategori “Sangat tinggi”. Kata kunci : kooperatif, Student Team Achivement Division (STAD), media grafis, aktivitas belajar, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 70728149 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 02:33 |
Terakhir diubah: | 17 Jun 2016 02:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22557 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |