ANGGUN MAWAR SARI, 1213041009 (2016) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FALKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3983Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1515Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gedong Tataan tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, rekaman dan foto. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gedong Tataan tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh berdasarkan perencanaan (RPP), pelaksanaan (aktivitas guru dan aktivitas siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia dengan mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa kegiatan guru telah memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013, yakni telah menerapkan pendekatan scientific yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Pada penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi, guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 52345439 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 06:25 |
Terakhir diubah: | 20 Jun 2016 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22599 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |