IDENTIFIKASI ZONA GAS POCKET (GEOHAZARD) BERDASARKAN ANALISIS AVO SEISMIC SECTION DAN POST-STACK TIME MIGRATION DATA 2D MARINE HIGH RESOLUTION

Taufiq, Taufiq (2016) IDENTIFIKASI ZONA GAS POCKET (GEOHAZARD) BERDASARKAN ANALISIS AVO SEISMIC SECTION DAN POST-STACK TIME MIGRATION DATA 2D MARINE HIGH RESOLUTION. FAKULTASTEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (162Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (15Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian identifikasi geohazard telah dilakukan berdasarkan data pengukuran seismik high resolution dan diperkuat dengan analisis amplitudo variation offset (avo). Identifikasi geohazard berupa gas pocket yang bertujuan untuk menghindari kecelakaan prospek minyak dan gas. Keberadaan gas pocket pada zona geohazard teridentifikasi dengan melakukan serangkaian proses pengolahan data dan analisis amplitudo terhadap offsetnya pada data 2D seismik marine high resolution. Adapun tahapan pengolahan data tersebut adalah Raw data, Geometry, Filtering, True Amplitudo Recovery (TAR), Deconvolusi, Velocity Analysis, Stacking, dan Migration. Selain itu untuk memastikan keberadaan zona geohazard tersebut dilakukan analisis AVO dengan tahapan proses seperti super gather, bandpass filter, dan trim static. Penentuan brightspot dilihat dari hasil pengolahan data seismik 2D marine higr resolution dengan output data post-stack time migration. Data yang dilakukan prosesing dan analisis avo ada 9 line data seismik 2D marine high resolution. Dan kemudian diklasifikasikan untuk resiko gas pocket berdasarkan Health and Safety Execitive (HSE). Tedapat 3 tahapan resiko berdasarkan klasifikasi tersebut yaitu resiko tinggi, rendah, dan tidak ada gas. Berdasarkan kedua metode yang dikembangkan tersebut diperoleh zona geohazard dari 9 line data seismik yang telah dianalisis dan dinyatakan bahwa 3 line pada line ADM-09, line ADM-38, dan line ADM-53 beresiko tinggi. Sedangkan pada 3 line pada line ADM-22, line ADM-46, dan line ADM-65 beresiko rendah. Selanjutnya 3 line pada line ADM-44, line ADM-54, dan line ADM-57 tidak ada resiko untuk keterdapatannya gas-pocket.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 47357150 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2022 07:28
Terakhir diubah: 19 May 2022 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir