PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 ABUNG SURAKARTA LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HARNANI , 1423041014 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 ABUNG SURAKARTA LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3538Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2755Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar dan tingkat kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Abung Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kualitas (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran Jigsaw, (2) pelaksanaan pembelajaran kemampuan berbicara dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw, (3) sistem penilaian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw, (4) kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Abung Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Objek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Abung Surakarta. Penelitian ini dilakukan mengikuti prinsip siklus. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran Jigsaw, siklus I cukup dan siklus II meningkat sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran kemampuan berbicara melalui model pembelajaran Jigsaw pada siklus I ditandai dengan pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli diakhiri dengan presentasi kelompok diperoleh nilai ratarata 69 dengan kategori cukup. Pelaksanaan pembelajaran kemampuan berbicara menggunanakan model pembelajaran Jigsaw pada siklus II ditandai dengan presentasi kelompok dan individu memperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I diperoleh rata-rata 72,27, siklus II diperoleh rata-rata 79,4 terdapat peningkatan sebesar 7,13. Peningkatan kemampuan berbicara melalui model pembelajaran Jigsaw, prasiklus dengan ratarata 64,22, siklus I meningkat menjadi 69,22 terjadi peningkatan sebesar 5,00%, siklus II 81,32 meningkat sebesar 12,10%. Kata kunci: kemampuan berbicara, model pembelajaran Jigsaw.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 50771688 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:11
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22677

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir