EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR EVALUATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

WINDAWATI, 1213023080 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR EVALUATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1174Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1175Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam mening¬kat¬kan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi da¬lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Ne¬geri 1 Sukoharjo semes¬ter genap Tahun 2015-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sam¬pling dan diperoleh kelas X IPA 1 dan X IPA 2 sebagai sampel. Metode pe¬ne¬litian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Postest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran POE dalam pembelajaran ini ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kon¬¬trol dan kelas eks¬perimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan berpi¬kir evaluatif kelas kontrol adalah 0,38 dan 0,66 untuk kelas eksperimen. Selain itu juga didukung oleh hasil analisis data kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran POE yang berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir evalu¬atif dengan model pembelajaran POE lebih tinggi dibandingkan rata-rata n-Gain kemampuan ber¬pikir evaluatif dengan pembelajaran konvensional, sehingga model pembelajaran POE pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam mening¬kat¬kan keterampilan berpikir evaluatif. Kata kunci: larutan elektrolit dan non-elektrolit, kemampuan berpikir evaluatif, model pembelajaran POE.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 68609543 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:46
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir