EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

YENI AFIFAH , (1213023082) (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FALKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1894Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1643Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Materi elektrolit dan non-elektrolit masih diajarakan menggunakan metode konvensional di sekolah. Materi larutan elektrolit dan non-elektrolit merupakan salah satu matei yang dianggap sulit oleh siswa. Siswa hanya mendapatkan informasi dari guru dan latihan soal mengenai materi tersebut. Penerapan metode tersebut tidak melibatkan siswa, seperti penyampaian sebuah gagasan terhadap suatu masalah, gambar ataupun cerita sehingga siswa menjadi pasif maka dilakukanlah efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan kemampuan bepikir luwes siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kemampuan berpikir luwes siswa melalui model pembelajaran POE pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir luwes pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata n-Gain kemampuan berpikir iii luwes pada kelas kontrol sebesar 0,44 dan eksperimen sebersar 0,56. Keeefektifan juga didukung oleh uji kepraktisan dan keefektifan model POE yang ditunjukkan dengan kriteria sangat tinggi Kata kunci : keefektivan, kemampuan berpikir luwes, model pembelajaran POE

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 28909635 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 01:51
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir