PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI I WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ELI YANI , 1423041010 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI I WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2049Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Way Lima Kabupaten Pesawaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas X1 SMA Negeri I Way Lima Pesawaran; dan 2) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode field trip siswa kelas X 1 SMA Negeri I Way Lima pesawaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X 1 SMA Negeri I Way Lima Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua pertemuan tiap siklusnya. Pelaksanaan metode field trip memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan luar sekolah di wilayah yang lebih luas sekitar. Hasil penelitian menunjukkan 1) pelaksanaan metode field trip setiap siklus dilakukan berdasarkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, yaitu pelaksanaan field trip untuk mengumpulkan data dan menyusun kerangka penulisan, dilanjutkan dengan tahap penulisan karangan paragraf deskripsi di sekolah; 2) penilaian terhadap pelaksanaan field trip meliputi penilaian proses pembelajaran dan hasil kerja siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang sangat baik berdampak pada hasil kompetensi menulis paragraf deskripsi pada setiap siklus cenderung meningkat. Skor rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus di kelas X-1 adalah 52,93 dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata adalah 67,13 dengan kategori sedang dan pada siklus II rata-rata skor adalah 84,01 dengan kategori baik sekali. Kata kunci: kemampuan menulis, metode field trip, paragraf deskripsi. ABSTRACT This research is motivated by the lack of ability to write a paragraph description in Class X1 SMA Negeri 1 Way Lima District Pesawaran. The study aimed to describe 1) the process of learning to write a paragraph description of the method on a field trip X1 grade students of SMA I Way Lima Pesawaran; and 2) an increase in the ability to write a paragraph description using the field trip class X SMA Negeri 1 I Way Lima Pesawaran. This research is motivated by the lack of ability to write a paragraph description in class X SMA Negeri 1 Way Lima District I Pesawaran. This study uses a Class Action Research conducted in two meetings each cycle. Implementation method utilizing environmental field trip around the school and outside the school in the wider area around. The results showed 1) the implementation of the method of field trips each cycle is based on the planning and implementation of learning. Each cycle consisted of two sessions, namely the implementation of the field trip to collect data and prepare the organizational framework, followed by a phase of writing a paragraph description essay in school; 2) an assessment of the implementation of the field trip includes assessing the learning process and student work. Implementation of learning very well have an impact on the results of the competence to write a paragraph description on each cycle tends to increase. The average score on the ability to write a paragraph description prasiklus in class X-1 is 52.93 with less category, while in the first cycle increased with the average score was 67.13 with category and the second cycle the average score is 84.01 with a good category. Keywords: writing skills, methods of field trip, paragraph description.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 80791076 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:50
Terakhir diubah: 28 Jun 2016 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22760

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir