PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MARIA SUSANTI, 1423041016 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1834Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (926Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model project based learning (PBL) dalam menghasilkan puisi bebas di kelas VIII C SMP Negeri 16 Pesawaran; 2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL pada kompetensi menulis puisi bebas; 3) penilaian aktivitas pembelajaran dan hasil karya puisi siswa; 4) peningkatan kemampuan menulis puisi bebas menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 16 Pesawaran. Siklus I penerapan model PBL kurang maksimal dilaksanakan. Perbaikan pada siklus II dimaksimalkan dengan memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan refleksi kolaborator penelitian. Instrumen penelitian berupa pedoman penskoran berdasarkan unsur-unsur persajakan serta panduan observasi proses pembelajaran yang meliputi lembar pengamatan aktivitas guru (APKG) dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) sintak RPP yang dirancang dengan model PBL untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan menulis puisi siswa; 2) model PBL diterapkan melibatkan peran aktif siswa untuk mencari informasi dan memilih tema berdasarkan permasalahan kontekstual yang diberikan sehingga memudahkan siswa untuk menemukan ide, mengumpulkan data dan mengembangkannya menjadi sebuah karya puisi; 3) penilaian pembelajaran menulis puisi bebas melalui lembar observasi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru (APKG), observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian yang mengacu pada unsur-unsur persajakan sebagai tolok ukur penguasaan materi siswa; 4) aktivitas pembelajaran siswa dalam menulis puisi meningkat dengan diterapkannya PBL dari prapenelitian, siklus I dan II masing-masing sebesar 56,59%, 73,08%, dan 80,22% sedangkan peningkatan penguasaan materi menulis puisi tampak dari perolehan rata-rata nilai siswa sebesar 65,33, 72,92 dan 79,17 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasannya sebesar 53,85%, 73,08% dan 80,77%. Kata Kunci: model project based learning (PBL), menulis puisi. ABSTRACT This study aims to obtain 1) format of lesson plan using project-based learning (PBL) model to improve the students’ ability to writing poetry in class VIII C SMP Negeri 16 Pesawaran; 2) the form of learning implementation using PBL model on the competence to write poetry; 3) system of learning evaluation of students’ skills to to write poetry and learning activities; 4) the increase of students’ skills to write poetry by using PBL. This research used Class Action Research model consisting of two cycles. The research instruments was scoring sheet guidelines for writing poetry and observation of students and teacher. Based on the results, it can be concluded that 1) the syntax of lesson plan designed by using PBL models can increase the activity of teacher learning, student learning activities and students' ability to write poetry; 2) learning implementation using PBL model was best done through teacher’s and student’s participation to search for information and choose a theme based on contextual issues given making it easier for students to find ideas, gather data and develop it into a poetry; 3) evaluation system by using the assessment of learning activities and scoring guidelines for writing poetry; 4) The student learning activities in writing poetry by using PBL were increased, i.e 56.59% in pre-research, 73.08% in the first cycle, and 80.22% in the second cycle, students’ skills to poetry writing were increased i.e. 65.33 in pre-research, 72.92 in the first cycle and 79.17 in the second cycle. Keywords: project-based learning (PBL) models, wrote poetry.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> PA Classical philology
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 6951503 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:25
Terakhir diubah: 28 Jun 2016 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir