PENGGUNAAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 METRO

TRI HANDAYANI , (1213043043) (2016) PENGGUNAAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 METRO. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2235Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2235Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil aktivitas siswa pada pembelajaran seni tari menggunakan metode talking stick di SMP Negeri 1 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran seni tari menggunakan metode talking stick. Sumber data dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII (9) yang mengikuti proses pembelajaran seni tari dan guru mata pelajaran seni budaya. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif kualitatif diperoleh dari proses pembelajaran dan pengamatan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran seni tari menggunakan metode talking stick. Proses metode talking stick yaitu guru menyiapkan tongkat, guru memberikan pokok materi yang akan dipelajari dan menjelaskan kepada siswa. Kemudian guru memberikan waktu kepada siswa untuk memahami kemudian guru memberikan tongkat kepada salah satu siswa, tongkat tersebut berputar bergilir dengan diiringi musik, bagi siswa yang menerima tongkat saat musik terhenti harus menjawab pertanyaan dari guru dan diakhir pembelajaran melakukan kesimpulan dan evaluasi. Berdasarkan analisis aktivitas belajar siswa, bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan metode talking stick di SMP Negeri 1 Metro mengalami peningkatan secara keseluruhan. Kata kunci : metode talking stick, pembelajaran, seni tari, aktivitas siswa. ABSTARCT The formulation of the problem in this research is how to process and result student activity toward dance art learning used Talking Stick method at SMP Negeri 1 Metro. The objective of this research is to describe the process and result student activity in dance art learning used Talking Stick method. Source of the data in this research is 27 students at VIII (9) grade who was following the dance art learning process and art culture teacher subject. The kind of the research used descriptive qualitative research. The data descriptive qualitative obtained from learning process and observation student activity, the teacher in dance art subject used Talking stick method. The process of talking stick method is teacher prepared the stick, teacher gave main material will be learned and explained to the student. And then teacher gave a time to the student to understand and gave the stick to one of the student, those stick rotating blackouts with musical accompaniment, the student who received the stick when music stopped must answer the question from the teacher and at the end of the learning gave conclusion and evaluation. Based on the analysis of student activity, that student activity in dance art learning with used Talking Stick method at SMP Negeri 1 Metro increased overall. Key words: Talking Stick Method, Learning, Dance Art, and Student Activity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 56763732 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:55
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir