YUNIYARSIH, 1213034085 (2016) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMPN 1 SUNGKAI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2215Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1063Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan media animasi untuk meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII-1 SMPN 1 Sungkai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik dari kelas VII-1 yang terdiri dari 20 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas dan minat belajar Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, aktivitas belajar peserta didik mencapai 52,78% dan peserta didik berminat belajar tinggi mencapai 38,89% sedangkan ketuntasan hasil belajar mencapai 44,44%. Pada siklus II aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 64,58 %, peserta didik berminat belajar tinggi mengalami peningkatan hingga mencapai 61,11% dan ketuntasan hasil belajar juga meningkat menjadi 52,78%. Pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dalam penelitian ini, aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 75,69%, persentase peserta didik berminat belajar tinggi telah meningkat menjadi 69,44% dan persentase ketuntasan hasil belajar juga ikut meningkat menjadi 80,55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media animasi dapat meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar IPS kelas VII-1 SMPN 1 Sungkai Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Media Animasi ABSTARCT This research aimed to examine the use of media animation to improve the learning activities, learning interest and learning outcomes at class VII-1 of SMPN 1 Sungkai Selatan. This research used descriptive method with classroom action research which was conducted in three cycles. The subjects of this research were 36 students from class VII-1 which consist of 20 female students and 16 male students. The data that taken were the result of the end of the cycle and the observation of learning activities and learning interest. The result of this research showed that in first cycle, students learning activities reach 52,78% and students learning interest reach 38,89% whereas the results of learning outcomes completeness reached 44,44%. In the second cycle students learning activities increased into 64,58%, students learning interest has increased to 61,11% and the learning outcomes completeness also increased to 52,78%. In the third cycle which one to be the result of this research showed, students learning activities increased to 75,69%, the percentage of students learning interest has increased to 69,44% and the percentage of learning outcomes completeness also increased to 80,55%. Based on those result, it can be concluded that teaching through media animation can improve the learning activities, learning interest and learning outcomes IPS class VII-1 of SMPN 1 Sungkai Selatan academic year 2015/2016. Keywords: Learning Activities, Learning Interest, Learning Outcomes, Media Animation
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 25895650 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:45 |
Terakhir diubah: | 27 Jun 2016 04:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22902 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |