PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ENDANG REJO TAHUN 2015/2016

ROSDIANA , 1213053104 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ENDANG REJO TAHUN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3121Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2440Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Endang Rejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik nontes dan tes. Teknik nontes menggunakan lembar observasi, teknik tes menggunakan tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I memperoleh kategori “Mulai Terlihat” dan siklus II memperoleh kategori “Mulai Berkembang”. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I memperoleh kategori “Cukup Terampil” dan siklus II memperoleh kategori “Terampil”. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh kategori “Sedang” dan siklus II memperoleh kategori “Sangat Tinggi”. Kata kunci: model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 5277882 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2016 09:00
Terakhir diubah: 21 Jul 2016 09:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23044

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir