KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL MIND MAPPING

SISKA MARVIYANASARI , 1323031054 (2016) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL MIND MAPPING. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1705Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1005Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar bidang studi Geografi materi Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Berkelanjutan pada siswa kelas XI IPS 2 Semester II SMA Negeri 1 Ngambur melalui penggunaan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan hasil belajar siswa, dianalisis menggunakan presentse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan tahap perencanaan diawali dengan guru melakukan penyusunan RPP pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Dalam penyusunan selalu meningkat. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model mind mapping mampu meningkatkan proses belajar geografi kelas XI IPS 2. Penggunaan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran geografi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada setiap indikator. Hasil pada siklus I mendapat rata-rata 33.45% yang berkriteria kurang baik, siklus II mencapai 50.09% dengan cukup baik, siklus III mencapai 73.89% dengan kriteria baik. Melalui penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngambur. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Persentase ketuntasan hasil belajar geografi siswa pada siklus I yakni 30%, siklus II yakni 41%, dan siklus III yakni 77%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngambur tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, model mind mapping ABSTRACT This study aims to improve thinking skills and learning outcomes matter Geography Environment for Sustainable Development in class XI IPS 2 Semester II SMA Negeri 1 Ngambur through the use of mind mapping learning model. This research is a class act carried out in three cycles of action. In this study, the data obtained is in the form of student learning and student learning outcomes, analyzed using presentse.Hasil research shows that by using mind mapping learning model can improve critical thinking skills and student learning outcomes. It is shown the planning phase begins with the teacher conducting the preparation of RPP in the first cycle, second cycle and third cycle. In preparing the always increasing. Implementation of mind mapping learning model can improve the process of learning geography class XI IPS 2. The use of mind mapping learning model learning geography can improve critical thinking skills to each indicator. The results of the first cycle gets an average of 33.45% which berkriteria less well, the second cycle reaches 50.09% fairly well, the third cycle reached 73.89% with good criterion. Through the use of mind mapping learning model can improve learning outcomes geography class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngambur. This can be seen in the first cycle, second cycle and third cycle. The percentage of completeness geography student learning outcomes in the first cycle ie 30%, ie, 41% the second cycle and the third cycle ie 77%. Based on the results of the discussion of the research, that mind mapping learning model can improve critical thinking skills and student learning outcomes in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngambur the academic year 2014/2015. Keywords: mind mapping model, critical thinking skills, the increase  

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 5755222 . Digilib
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:55
Last Modified: 22 Jul 2016 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23068

Actions (login required)

View Item View Item