PENGARUH PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP BANGKITAN LALU LINTAS PADA KORIDOR JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG

M. VIrsa Aditiawan, 1225011015 (2016) PENGARUH PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP BANGKITAN LALU LINTAS PADA KORIDOR JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP BANGKITAN LALU LINTAS PADA KORIDOR JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Mochammad Virsa Aditiawan Permasalahan pada BWK B yang mulai terlihat adalah Tingkat kepadatan lalu lintas yang kian bertambah sehingga muncul titik-titik macet khususnya pada ruas jalan yang melalui kawasan pendidikan terutama jalan arteri Sekunder yaitu Jl. Zainal Abidin Pagar Alam. Akibat terjadinya perubahan penggunaan lahan kearah aktivitas perdagangan dan jasa, pendidikan dan kesehatan. Dan sebagai salah satu pintu masuk Kota Bandar Lampung melalui Jl. Zainal Abidin Pagar Alam. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan Lalu Lintas Pada Koridor Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Di Kota Bandar Lampung. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai yaitu: mengidentifikasi kondisi guna lahan dan transportasi, menghitung arus lalul intas (traffic counting) tiap guna lahan, menganalisis perkembangan guna lahan, menganalisis bangkitan pergerakan, serta menganalisis Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan Lalu Lintas Pada Koridor Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengidentifikasi kondisi tata guna lahan dan transportasi Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Kemudian dilakukan analisis perkembangan tata guna lahan, analisis bangkitan dan tarikan, serta analisis pengaruh penggunaan lahan terhadap bangkitan dan tarikan pergerakan Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Kondisi rata-rata (average) Tingkat pelayanan pada Jl. Zainal Abidin Pagar Alam memiliki kategori C, dengan pengertian Arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan. Dengan pola penggunaan lahan di wilayah penelitian di dominasi oleh penggunaan lahan untuk permukiman, pendidikan, perdagangan dan jasa, dan Kantor Pemerintahan. Pola pergerakan di sepanjang koridor Jl. Zainal Abidin Pagar Alam pada masing-masing segmen dengan beberapa penggunaan lahan di sisi koridor jalan. Pengaruh penggunaan lahan terhadap bangkitan lalu lintas di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam dipengaruhi oleh jenis tata guna lahan permukiman, pendidikan, perdagangan dan jasa. Makin tinggi tingkat aktivitas penggunaan lahan, makin tinggi pula tingkat kemampuannya dalam memberikan bangkitan lalu lintas. Kata kunci : Penggunaan Lahan, Transportasi dan Bangkitan Lalu lintas THE INFLUENCE OF THE LANDUSE CHANGING TOWARDS TRAFFIC GENERATION ON ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM STREET’S CORRIDOR IN BANDAR LAMPUNG CITY Mochammad Virsa Aditiawan Abstract The problem on BWK B that starts to look is the increase of the traffic density level that arise jammed points on the road that through education area, especially secondary-artery road that is Zainal Abidin Pagar Alam street. The effect of landuse changing into service and commerce, education, and health activity. And Zainal Abidin Pagar Alam street as one of Bandar Lampung City’s entrance. The aims of this paper is to examine the influence of the landuse changing towards traffic generation on Zainal Abidin Pagar Alam street’s corridor in Bandar Lampung city. The object that to attained are to identification the condition of landuse and transportation, calculate the traffic flow (traffic counting) for each landuse, analyze the development of the landuse, analyze the trip generation, and analyze the influence of the landuse changing towards traffic generation on Zainal Abidin Pagar Alam street’s corridor in Bandar Lampung city. The research method that used in this paper is descriptive that identification landuse condition and transportation at Zainal Abidin Pagar Alam street. Then, performed analysis of landuse’s development, analysis of generation and attraction, and analysis of the influence of landuse towards generation and attraction of Street of Zainal Abidin Pagar Alam, Bandar Lampung city. According to the analysis result, it can be concluded that average condition of LOS (Level of Service) at Zainal Abidin Pagar Alam street has a category C, with a stable flow, but the speed and vehicle movement were controlled. The land use pattern at the research area was dominated by housing and settlement, education, service and commerce, and government office. The movement pattern along the Street of Zainal Abidin Pagar Alam’s corridor on each segment with some land uses on the side of the road corridor. The influence of the land use towards traffic generation at Zainal Abidin Pagar Alam was affected by the type of land use of settlement, education, service and commerce. The higher the level of landuse activity can increase the ability in giving traffic generation. Keyword : Landuse, Transportation, and Traffic Generation

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
> Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 9576567 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:45
Terakhir diubah: 25 Jul 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir