PENGEMBANGAN LKS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPTIKA

DIAN ESTI ROSIANA , 1213022015 (2016) PENGEMBANGAN LKS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPTIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1181Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1068Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan LKS model discovery learning dengan pendekatan kontekstual pada materi optika; 2) Mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan LKS model discovery learning dengan pendekatan kontekstual pada materi optika yang digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengadopsi prosedur pengembangan milik Sugiyono. Prosedur pengembangan meliputi analisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi desain dan instrumen respons siswa berupa lembar checklist dan lembar saran. LKS diuji kualitasnya oleh dua ahli materi dan satu ahli desain. Subyek uji pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Bandarlampung yang terdiri dari tujuh siswa uji coba produk dan 31 siswa pada uji pemakaian dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk sangat baik berdasarkan penilaian uji ahli materi dengan skor rata-rata 3,38 dan uji desain dengan skor 3,8. Berdasarkan respons siswa kualitas LKS yang dikembangkan pada aspek kemenarikan memperoleh skor 3,27 dengan klasifikasi sangat baik, aspek kemudahan 3,27 dengan klasifikasi sangat baik, dan aspek kemanfaatan 3,31 dengan klasifikasi sangat baik. Analisis uji gain ternormalisasi memberikan hasil bahwa produk efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai gain 0,67 (interpretasi sedang). LKS hasil pengembangan ini dapat digunakan sebagai media belajar siswa yang sangat menarik, sangat mudah digunakan, sangat bermanfaat, serta efektif untuk membelajarkan konsep alat-alat optik. Kata kunci: LKS, discovery learning, pendekatan kontekstual, alat-alat optik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 7651868 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:59
Terakhir diubah: 25 Jul 2016 04:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir