PUPASI DAN KARAKTERISTIK MORFOLOGI PUPA KUPU-KUPU Troides helena DAN Pachliopta aristolochiae (LEPIDOPTERA: PAPILIONIDAE)

EMILIA APRIYANTI, 1217021022 (2016) PUPASI DAN KARAKTERISTIK MORFOLOGI PUPA KUPU-KUPU Troides helena DAN Pachliopta aristolochiae (LEPIDOPTERA: PAPILIONIDAE). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1432Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1433Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Troides helena dan Pachliopta aristolochiae mengalami siklus hidup seperti kupu-kupu pada umumnya, yaitu dimulai dari fase telur, larva, pupa, dan imago. Pupa merupakan fase yang sangat penting karena berhubungan erat dengan pembentukan struktur morfologis dan fisiologis serangga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pupasi dan karakteristik morfologi pupa kupu-kupu T. helena dan P. aristolochiae. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2016 di Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung. Penelitian dilakukan dengan metode observasi dimana hewan uji yang digunakan adalah larva instar terakhir dan pupa hasil penangkaran. Penelitian di awali dengan pengamatan pupasi, selanjutnya pupa diamati struktur morfologi, berat, panjang, lebar dan perubahan warna dengan menggunakan 10 pupa untuk masing-masing spesies. Pupa juga diamati pembentukan organ dengan cara membedah pupa pada hari ke 1, 3, 5, 7, 12, 16, dan 22 untuk T. helena, sedangkan untuk pupa P. aristolochiae pada hari ke 1, 3, 5, 7, 10, 13, dan 16. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji t, analisis korelasi juga dilakukan untuk mengetahui hubungan panjang benang dan berat pupa. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa lama pupasi T. helena berbeda nyata dengan P. aristolochiae ( = 0,03), selanjutnya untuk berat dan ukuran tubuh sangat berbeda nyata dengan nilai < 0,001. Hasil analisis korelasi antara panjang benang dan berat pupa menunjukkan bahwa ada korelasi yang sangat kuat untuk pupa T. helena (r = 0,94) dan pupa P. aristolochiae menunjukkan korelasi yang kuat (r = 0,60). Pupa T. helena dan P. aristolochiae mempunyai bentuk yang sama yaitu obtekta yang dilengkapi dengan tonjolon pada bagian belakang caput, thorax dan abdomen. Pupa T. helena berwaran hijau atau coklat muda, sedangkan pupa P. aristolochiae berwana coklat terang bercampur putih dan oranye. Fase pupa T. helena 6 hari lebih lama dibandingkan P. aristolochiae (23,10 hari : 17,10 hari). Kata kunci: Troides helena, Pachliopta aristolochiae, pupasi, pupa, dan morfologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 4133939 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:06
Terakhir diubah: 26 Jul 2016 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir