PERBEDAAN RESPON KUKANG SUMATERA (Nycticebus coucang Boddaert, 1785) TERHADAP TANDA-TANDA KEBERADAAN PREDATOR DI KANDANG REHABILITASI YIARI CIAPUS, BOGOR

HENNY INDAH PERTIWI, 1217021029 (2016) PERBEDAAN RESPON KUKANG SUMATERA (Nycticebus coucang Boddaert, 1785) TERHADAP TANDA-TANDA KEBERADAAN PREDATOR DI KANDANG REHABILITASI YIARI CIAPUS, BOGOR. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1170Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (778Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Ular sanca (Python sp.) merupakan salah satu predator kukang sumatera (Nycticebus coucang). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan respon kukang sumatera terhadap tanda-tanda keberadaan predator khususnya ular sanca (urin, feses, suara, dan kombinasi) dan untuk menguji kemampuan olfaktory (penciuman) dan auditory (pendengaran). Pengamatan dilakukan terhadap kukang sumatera kandidat pelepasliaran (4 jantan dan 4 betina) di kandang rehabilitasi YIARI Ciapus, Bogor. Perilaku objek kontrol dan respon diamati selama 24 hari dengan metode Scan Sampling selama masing-masing dua jam per hari. Hasil pengamatan perilaku dianalisis dengan aplikasi SPSS 16 untuk membandingkan kemampuan daya penciuman dan pendengaran serta perilaku antar fase. Kehadiran respon yang paling umum adalah alert dan scanning, dimana perilaku akan kembali normal setelah perlakuan dihentikan. Hal ini menunjukkan hubungan respon dengan fase perilaku. Kukang menunjukkan respon paling cepat melalui pendengaran, sedangkan secara keseluruhan respon terbaiknya adalah penciuman. Kata kunci : Respon, kukang sumatera, auditori, olfaktori, Python sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 0508151 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:45
Terakhir diubah: 27 Jul 2016 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23149

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir