PERBEDAAN PERILAKU SOSIAL SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL KLARIFIKASI NILAI DAN KONSIDERASI DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS XI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

EMARET SILASTUTI, 1423031020 (2016) PERBEDAAN PERILAKU SOSIAL SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL KLARIFIKASI NILAI DAN KONSIDERASI DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS XI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1827Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1320Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk menguji perbedaan perilaku sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model klarifikasi nilai dengan model konsiderasi, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri terhadap perilaku sosial siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik sampling menggunakan random cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas tes. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalan dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan perilaku sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model klarifikasi nilai dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model konsiderasi, (2) perilaku sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model klarifikasi nilai lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model konsiderasi pada siswa yang memiliki konsep diri tinggi, (3) perilaku sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model konsiderasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model klarifikasi nilai pada siswa yang memiliki konsep diri rendah, (4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran klarifikasi nilai dan model konsiderasi dengan konsep diri terhadap perilaku sosial siswa kelas XI SMKN 2 Bandar Lampung. Alasan model klarifikasi nilai lebih cocok untuk konsep diri tinggi, yaitu untuk dapat menganalisis suatu nilai sampai pada melekatnya nilai tersebut dalam diri siswa, diperlukan konsep diri siswa yang tinggi terhadap mata pelajaran. Sedangkan alasan model konsiderasi lebih baik untuk konsep diri rendah, yaitu lebih menekankan strategi pembelajaran yang dapat membentuk kepribadian. Kata kunci: konsep diri, model konsiderasi, model klarifikasi nilai, dan perilaku sosial ABSTRACT The objectives of this research were to test the social behaviors of students who used value clarification model learning and consideration model learning, and the interaction influences between those learning models with the self-concept to students’ social behaviors. This was an experimental research with quasi-experiment approach. Data were collected with questionnaires and observations. Research instrument was tested with validity and reliability tests. Data were analyzed by using two-way variance analysis and t-test. The results showed that (1) there were differences of students’ social behaviors between using value clarification learning model and consideration learning model, (2) students using value clarification learning model had better social behaviors that those students using consideration learning model for students with high self-concept, (3) students using consideration learning model had better social behaviors than those students using value clarification learning model for those students with low self-concept, (4) there were interaction influences between value clarification learning model and consideration learning model with self-concept to the social behaviors of Grade XI students in Public Vocational School 2 in Bandar Lampung. The reason of value clarification model is more suitable for high-self concept, which is able to analyze a value of the students’ behavior, it is needed high selfconcept to the subjects. While the reason consideration model is better than the low-self concept, is more stressed learning strategy that can make personality. Keywords : self-concept, consideration model, value clarification model, and social behavior

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 6970101 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:02
Terakhir diubah: 28 Jul 2016 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir