PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIINDUKSI SIPROTERON ASETAT

PEPTI ARISTIANI, (1217021058) (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIINDUKSI SIPROTERON ASETAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1662Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1525Kb) | Preview

Abstrak

Infertilitas merupakan kondisi yang umum ditemukan dan dapat disebabkan oleh faktor perempuan, laki-laki, maupun keduanya. Pemanfaatan tanaman rempahrempah merupakan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas spermatozoa pada hewan jantan. Siproteron asetat merupakan salah satu dari golongan obat anti androgen yang dapat menyebabkan terjadinya infertilitas. Jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat di berbagai aspek. Jahe merah memiliki pengaruh yang baik sebagai antioksidan terhadap sel spermatogenik dan parameter sperma pada mencit (Mus musculus L.) jantan yang diinduksi siproteron asetat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol jahe merah terhadap jumlah, morfologi, motilitas dan viabilitas spermatozoa. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap, menggunakan 25 ekor mencit jantan yang dibagi dalam 5 kelompok yaitu Kontrol Normal, K- (diberikan siproteron asetat 1,17mg/hari selama 7 hari), P1, P2 dan P3 (diinduksi siproteron asetat 1,17 mg/ml/hari selama 7 hari dan ekstrak etanol jahe merah dengan dosis berturut-turut 6mg/ml/hari, 12mg/ml/hari, 24mg/ml/hari selama 28 hari). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian ekstrak etanol jahe merah dapat meningkatkan jumlah, motilitas, viabilitas dan menurunkan morfologi abnormal spermatozoa yang diinduksi siproteron asetat. Kata kunci : infertilitas, jahe merah, mencit jantan, siproteron asetat, kualitas jumlah, motilitas, morfologi, viabilitas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 3612616 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:44
Terakhir diubah: 09 Aug 2016 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir