PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PONCOWATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Dina Nurhidayati, 1213053034 (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PONCOWATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1198Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1043Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Poncowati dengan persentase ketuntasan per kelas kurang dari 75%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematics educational pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal berbentuk pilihan jamak sebanyak 11 soal yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 71,38 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,80. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,025 dimana 0,025 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educational pada pembelajaran matematika memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: pendekatan realistic mathematics educational, matematika, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8360070 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:59
Terakhir diubah: 11 Aug 2016 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23381

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir