MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS IV SDN 4 SUNGAI LANGKA GEDONG TATAAN PESAWARAN

SUGI NURHAYATI , 1413093044 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS IV SDN 4 SUNGAI LANGKA GEDONG TATAAN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1899Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 4 Sungai langka, diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran banyak yang belum mencapai KKM, yaitu ≥60. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada ujian tengah semester ganjil TP. 2015/2016 yaitu 43,3% dari 30 siswa. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learningtipe Student Team Achievement Division. Metode penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data adalah dengan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran cooperative learning tipeStudent Team Achievement Division dari siklus I ke siklus II. peningkatan keaktifan klasikal siswa siklus I sebesar 54,47 dengan persentase jumlah siswa aktif 38,5% (kurang aktif), dan siklus II sebesar 71,79 dengan persentase jumlah siswa aktif 71,65% (aktif). Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 68,67 dan siklus II sebesar 86,67% dengan nilai rata-rata 77,46. Kata kunci : cooperative learning, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7587294 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:52
Terakhir diubah: 12 Aug 2016 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23410

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir