RIZA AYUNDA, 1213024058 (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1226Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (820Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kegiatan praktikum melibatkan berbagai aktivitas siswa seperti merancang percobaan, merangkai dan menggunakan alat, menganalisis dan memprediksi data. Percobaan yang dilaksanakan dalam laboratorium merupakan bagian integral dari pembelajaran sains yang menitikberatkan aspek psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif dengan desain riset ekspositori. Data dianalisis secara deskriptif berupa data kualitatif yang diperoleh dari angket yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif, wawancara menggunakan teknik crosscheck (pencocokan), data dokumentasi dianalisis menggunakan cara induktif, dan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dianalisis dengan melihat keterlaksanaan praktikum pada kompetensi dasar KTSP dan menilai kemampuan guru dalam menyusun RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS) dianalisis menggunakan penilaian LKS oleh guru, profil guru dianalisis iii menggunakan cara deskriptif dengan melihat riwayat hidup, serta arsip laboratorium IPA dianalisis menggunakan lembar ceklis observasi laboratorium IPA Biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII −VIII yang dipilih dari populasi secara simple random sampling, sehingga diperoleh total sampel 204 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket tanggapan siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur pada aspek pelaksanaan praktikum biologi berkriteria sesuai (80,83%), berdasarkan aspek minat praktikum siswa berkriteria sesuai (83,04%), dan pembuatan laporan hasil praktikum memiliki rata-rata dengan kriteria sesuai (84,23%). Sementara itu, berdasarkan hasil keterlaksanaan praktikum pada Kompetensi Dasar (KD) KTSP berkriteria kurang baik (40%), dikarenakan selama semester ganjil dan genap guru hanya melakukan empat kali praktikum dari 10 Kompetensi Dasar (KD). Selain itu, hasil penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP berkriteria cukup baik (60,71%). Sedangkan, untuk hasil penilaian penyusunan LKS berkriteria sangat baik (85%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur berkriteria sesuai dengan persentase pelaksanaan praktikum, minat praktikum, dan pembuatan laporan hasil praktikum yang berkriteria sesuai serta keterlaksanaan praktikum dalam satu semester yang berkriteria kurang baik, sedangkan persiapan guru dalam menyusun RPP dan LKS berkriteria baik. Kata kunci : Biologi, pelaksanaan, praktikum,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1295793 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 06:31 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2016 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23446 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |