PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

RITA LARAS PURNAMASARI , (1213022063) (2016) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1051Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1052Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selama ini LKS fisika yang ada cenderung hanya menekankan kemampuan siswa pada aspek kognitif. Sementara Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah menekankan tiga aspek yang harus diajarkan kepada siswa, yakni afektif, kognitif, dan psikomotor. Pembelajaran yang mengintegrasikan ketiga aspek ini, perlu didukung dengan bahan ajar yang memuat instruksi pembelajaran sehingga mengarahkan siswa untuk menguasai ketiga aspek tersebut. Menindaklanjuti penerapan Kurikulum 2013, telah dikembangkan LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan yang telah tervalidasi konstruk atau isi oleh para ahli, namun belum tervalidasi empirik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan dalam pembelajaran, sehingga mampu dijadikan sebagai LKS alternatif untuk membelajarkan materi Perubahan Wujud Zat. Prosedur penelitian meliputi observasi penelitian untuk menentukan populasi dan sampel, serta pelaksanaan penelitian yang terdiri dari menyusun perangkat pembelajaran, Rita Laras Purnamasari ii dan melaksanakan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kebun Tebu Lampung Barat, dengan sampel penelitian kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan LKS Konvensional, dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan. Berdasarkan data hasil penelitian, selanjutnya diolah secara statistik dan matematis, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKS bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan terthadap hasil belajar siswa melalui model PBL serta hasil belajar siswa yang menggunakan LKS bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan LKS konvensional. Kata kunci: LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan, LKS Konvensional, model PBL, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 0361064 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:33
Terakhir diubah: 19 Aug 2016 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir