PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMANegeri 1 Seputih Raman TahunPelajaran 2013/2014)

I Made suwandi, I PUTU YUDIARTA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMANegeri 1 Seputih Raman TahunPelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERNYATAAN .pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (814Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Raman menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa belum dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar yang dapat melatih KBK siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat melatih KBK siswa yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis Inkuiri terhadap peningkatan KBK siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas XI A1 dan XI A2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, I Putu Yudiarta postes, dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi KBK siswa, data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis Inkuiri yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis inkuiri berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata gain yaitu 0,45 dengan kriteria sedang. Selain itu, rata-rata gain indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 0,55 dengan kriteria sedang. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 61,70% yang berkriteria sedang. Selain itu, sebagian besar siswa (76,45%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis Inkuiri. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis Inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan KBK siswa secara signifikan. Kata kunci : Keterampilan Berpikir kritis (KBK), LKS berbasis Inkuiri, Jaringan Tumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Jul 2014 05:14
Terakhir diubah: 16 Jul 2014 05:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir