HENDRA YULIANTO, - (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT MAPPING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK SOAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA MA’ARIF 9 KOTAGAJAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf - Published Version Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf - Published Version Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (306Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (406Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (636Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (625Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkaan hasil observasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif 9 Kotagajah diperoleh gambaran tentang rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. Dalam aktivitas belajar siswa masih menjadi pihak yang pasif dan hanya menerima informasi dari guru tanpa ada inisiatif mencari dan menambah wawasan dari sumber belajar lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan upaya dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping (CM) dan Make a Match (MaM) dengan memperhatikan bentuk soal (esai dan pilihan ganda) sebagai variabel moderatornya. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen semu, desain penelitiannya adalah faktorial 2x2. Populasi penelitian berjumlah 116 siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, sedangkan sampelnya adalah 2 kelas (58 orang) yang diambil melalui teknik clucter random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda. Data yang diperlukan diperoleh melalui pemberian tes hasil belajar dengan dua bentuk soal esai dan pilihan ganda. Soal yang dites sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan untuk pengujian hipotesis digunakan Analisis Varians Dua Jalan dan T-test Dua Sampel Independent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran ini diterapkan di kelas yang berbeda. Model pembelajaran Concept Mapping pada kelas eksperimen dan Make a Match pada kelas kontrol.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > Karya Karya Umum = 000 > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | Dr. Eng. Hasan Khairudin |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 06:57 |
Terakhir diubah: | 07 Nov 2014 08:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2356 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |