PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM PENURUNAN TEKANAN UAP DAN KENAIKAN TITIK DIDIH LARUTAN

RIZKI SUCI ASIH , 1213023062 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM PENURUNAN TEKANAN UAP DAN KENAIKAN TITIK DIDIH LARUTAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1400Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (757Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk men- deskripsikan kevalidan, penilaian guru, tanggapan siswa, dan keterlaksanaan Virtual Lab dalam praktikum penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih larutan. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk secara terbatas,merevisi produk sesuai saran yang didapatkan pada uji coba terbatas kemudian melakukan uji keterlaksanaan produk di SMA Negeri 1 Labuhan Maringgai pada kelas XI IPA 1 yang berjumlah 24 siswa. Kevalidan Virtual Lab hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Lab dalam praktikum penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih larutan memiliki validitas yang sangat tinggi berdasarkan hasil persentase rata-rata penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan kemudahan penggunaan. Berdasarkan hal tersebut maka Virtual Lab hasil pengembangan dinyatakan valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji coba terbatas, Virtual Lab hasil pengembangan dinyatakan layak dan terlaksana dengan baik dalam pembelajaran yang dilihat dari perolehan rata-rata skor jawaban guru pada aspek kesesuaian isi dan kemudahan penggunaan dengan kriteria sangat tinggi; skor jawaban siswa terhadap aspek kemudahan penggunaan dengan kriteria sangat tinggi; respon positif siswa setelah pembelajaran menggunakan Virtual Lab hasil pengembangan; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan dengan kriteria sangat tinggi. Kata kunci : virtual lab, penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, sifat koligatif larutan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 1595065 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:56
Terakhir diubah: 23 Aug 2016 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir