PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FLUIDA STATIS

PUTRI RAHAYU WULAN SARI , 1213022057 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FLUIDA STATIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1153Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1098Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model Problem Based Learning (PBL) pada materi Fluida Statis untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, kebermanfaatan, dan keefektifan produk LKS di SMA Kartikatama Metro. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian dan pengembangan (R&D), yang menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono (2014: 409). Pengembangan ini diawali dengan dengan menganalisis potensi dan masalah sekaligus mengumpulkan informasi. Tahap selanjutnya yaitu mendesain produk sehingga menghasilkan produk yang dilakukan uji validasi oleh ahli. Setelah itu dilakukan revisi produk yang diuji coba ke lapangan melalui uji satu lawan satu. Hasil uji satu lawan satu menyatakan bahwa LKS yang dikembangan memperoleh skor 90,47%, 95,23%, dan 95,23%, dari ketiga siswa yang dipilih secara acak. Tahap selanjutnya yaitu revisi produk, tidak ada revisi produk sehingga langsung dilakukan uji coba pemakaian melalui lapangan. Berdasarkan uji lapangan, LKS yang dikembangkan memperoleh skor Putri Rahayu Wulan Sari kemenarikan 3,31; skor kemudahan 3,38; dan skor kemanfaatan 3,43, hal ini berarti bahwa produk yang dihasilkan sangat menarik, mudah, dan bermanfaat untuk digunakan. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa 80% siswa tuntas KKM, sehingga produk akhir efektif digunakan dalam pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu revisi produk. Pada tahap ini tidak ada revisi karena produk yang dikembangkan sudah baik, sehingga dalam penelitian ini yang selanjutnya dapat di produksi massal. Kata kunci: fluida statis, LKS, pengembangan, problem based learning.'

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 0698450 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:00
Terakhir diubah: 24 Aug 2016 02:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir