PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM PENURUNAN TITIK BEKU DAN TEKANAN OSMOTIK LARUTAN

ELMINA INDAH OKTAVIANI , 1213023022 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM PENURUNAN TITIK BEKU DAN TEKANAN OSMOTIK LARUTAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1616Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (812Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, tanggapan guru dan siswa serta keterlaksanaan virtual lab dalam praktikum penurunan titik beku dan tekanan osmotik larutan yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang dilakukan yaitu : mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk secara terbatas, merevisi produk sesuai saran yang didapatkan pada uji coba terbatas kemudian melakukan uji keterlaksanaan produk di SMA Negeri 1 Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur pada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Kevalidan virtual lab hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Tanggapan guru dan siswa diukur berdasarkan penilaian guru dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan, dan keterlaksanaan virtual lab dalam proses pembelajaran dinilai oleh observer yang terdiri dari 2 orang guru mata pelajarn kimia dan 1 orang teman sejawat serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan virtual lab hasil pengembangan. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap virtual lab hasil pengembangan dengan kategori sangat tinggi, maka virtual lab dinyatakan valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji coba terbatas, virtual lab yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor jawaban guru pada aspek kesesuaian isi, dan kemudahan penggunaan dengan kategori sangat tinggi; skor jawaban siswa terhadap aspek kemudahan penggunaan dengan kategori sangat tinggi; respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan virtual lab hasil pengembangan; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan dengan kategori sangat tinggi, maka virtual lab hasil pengembangan dapat dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci : virtual lab, penurunan titik beku larutan, tekanan osmotik larutan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 8411023 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:53
Terakhir diubah: 24 Aug 2016 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23593

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir