MUSTIKA WULANDARI, 123043031 (2016) TARI KIAMAT DALAM PENDIDIKAN NONFORMAL DI SANGGAR INTAN DESA KURIPAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1948Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1209Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana proses latihan tari kiamat dalam pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses latihan tari kiamat dalam pendidikan nonformal. Teori yang digunakan yaitu pendidikan nonformal. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Sumber data adalah pelatih tari kiamat dan 15 peserta didik Sanggar Intan. Instrumen penelitian tes praktik meliputi empat aspek yaitu hafalan ragam gerak, wirasa, hafalan pola lantai dan ketepatan iringan. Analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Langkahlangkah kegiatan pelatih pada proses tari kiamat di Sanggar Intan yaitu pelatih mempersiapkan ruangan terlebih dahulu, lalu memberitahukan tujuan pelatihan kepada peserta didik sebelum menyampaikan materi, melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pelatihan dengan membantu sesama teman dan mengemukakan pendapat apabila mengalami kesulitan, melakukan kegiatan latihan secara bersama-sama dengan pelatih maupun peserta didik, dan evaluasi. Dalam proses ini peserta didik menirukan terlebih dahulu ragam gerak yang diajarkan oleh pelatih dan peserta didik tidak dituntut untuk bisa menari pada saat itu juga. Peserta didik diberi kesempatan berlatih mengulang ragam gerak yang sudah dipelajari dan menghafal ragam gerak yang telah diajarkan. Kata Kunci: Tari Kiamat, Pendidikan Nonformal, Sanggar Intan ABSTRACT This research formulates the problem of how the process of kiamat dance in nonformal education. This research aimed to describe the process of kiamat dance in nonformal education. the theory that used is nonformal education. This type of research is qualitative that generated descriptive data. The techniques that used tocollect the data, namely: observation, interviews, documentation and practice tests. The data source is a kiamat dance coach and 15 learners of Intan Arts Studio. Research instruments practice test covers four aspects, namely rote range of motion, wirasa, memorizing dance composition and accuracy of accompaniment. Data analysis is reduction, data presentation, and conclusion. The steps that coach do in the process of kiamat dance in Intan Arts Studio is the coach preparing the room first, then notify the purpose of training to the learners before presenting the material, engage leaners to be active in training to help their peers and express opinions when they get the difficulties, do the training activities together with the coach or the other learners and do evaluation. In this process hopefully that the learners can be able to immitate first the movements that teach by the coach and the learners not compulsary for being able to dance at that time. The learners are given chance to repeat the range of motion that already learned and hopefully can be able to memorize the range of motion that already learned. Keyword: Kiamat Dance, Nonformal Education, Intan Arts Studio
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 8022006 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 02:36 |
Terakhir diubah: | 26 Aug 2016 02:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23691 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |