ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM ACARA TALK SHOW JUST ALVIN DI METRO TV DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ASTUTI ALAWIYAH, 1213041011 (2016) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM ACARA TALK SHOW JUST ALVIN DI METRO TV DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1472Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1473Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah alih kode dan campur kode dalam acara talk show Just Alvin di Metro TV dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam acara talk show just Alvin dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah video dalam acara talk show Just Alvin di Stasiun TV Metro TV. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Kajian alih kode dan campur kode dalam penelitian ini meliputi bentuk dan faktor penyebab. Berdasarkan penelitian, terdapat bentuk alih kode ekstern. Alih kode ekstern berlangsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Faktor penyebabnya adalah penutur dan lawan tutur. Selain itu, terjadi peristiwa campur kode dalam bentuk kata, frasa, baster, perulangan kata, dan klausa. Faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode adalah latar belakang sikap penutur dan kebahasaan. Kaitannya dengan materi pembelajaran, alih kode dan campur kode yang terdapat dalam acara talk show Just Alvin di Metro TV ini dapat dijadikan sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga penggunaan bahasa Indonesia secara kontekstual. Kaitannya dengan bahan ajar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran menulis teks naskah drama dan film. Kata kunci: Alih kode, campur kode, talk show Just Alvin.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 9591505 . Digilib
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:05
Terakhir diubah: 31 Aug 2016 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir