HUBUNGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SEKINCAU LAMPUNG BARAT

ETIKA LIZAWATI , 1213054032 (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SEKINCAU LAMPUNG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (659Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan sains anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan perkembangan kemampuan sains anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dengan daftar check list. Analisis data menggunakan jenis korelasi spearman rank yang diperoleh 0,876. Hasil penelitian ini berarti ada hubungan yang sangat kuat dan bernilai positif antara aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan perkembangan kemampuan sains anak usia dini. kata kunci: Anak usia dini, sains, lingkungan alam ABSTRACT The problem of this research is not yet develop from ability science of childhood. This research aims to understand the relations between activity learning based the natural environment with the development of the ability science childhood. Research methodology used namely correlational. The population of this research are student grup b are 5-6 years old in kindergarten Dharma Wanita Sekincau Lampung Barat year 2015/2016 that the total 30 student. The data collection technique at this research using observation and documentation. The research instrument using a sheet observations with a list of check list. The data analysist using type of correlation spearman rank who got 0,876. The result of the study this means that there is a very strong and are positive between activity learning based the natural environment with the development of the ability science childhood. keyword: Childhood, science, natural environment

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 7961891 . Digilib
Date Deposited: 20 Sep 2016 08:14
Last Modified: 20 Sep 2016 08:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item