KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AISYIYAH HADIMULYO METRO BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

HILMA NADZIFA MUJAHIDAH , 1213054039 (2016) KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AISYIYAH HADIMULYO METRO BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (831Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (764Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kecerdasan linguistik anak yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan linguistik melalui kegiatan bermain peran makro pada anak usia dini. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Hadimulyo Metro Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tahapan sebagai berikut: pemilihan masalah, formulasikan rancangan penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipasif dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan bahwa kegiatan bermain peran makro dapat menstimulus pengembangan kecerdasan linguistik baik dalam hal menceritakan peran tokoh yang dimainkan, menceritakan tema cerita, menceritakan alur cerita dan menceritakan tokoh dalam cerita. Kata Kunci : anak usia dini, kecerdasan linguistik, bermain peran makro. ABSTRACT The problem in this research is a linguistic intelligence of children who do not develop optimally. This study aims to describe the development of linguistic intelligence through role playing macro in early childhood. The subjects were children in group B at TK Aisyiyah Hadimulyo Metro West. This study is a qualitative research with the following stages: the election problem, formulate research design, data collection, data analysis, and conclusions. The data collection was done by using participatory observation and documentation. The data were analyzed through the following stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed the tendency that the macro role-playing activities to stimulate the development of linguistic intelligence, both in terms of communicating the character played roles, tells the story theme, telling the story line and characters in the story telling. Keyword : early childhood, linguistic intelligence, playing the role of the macro

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 5914633 . Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:37
Terakhir diubah: 30 Sep 2016 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23899

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir