PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016)

Dwi Mustika Sari Tera Malau, 1213024018 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (928Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (701Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar kognitif XI IPA SMA Negeri 1 Natar pada materi sistem pernapasan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan X IPA 6 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan pretest- posttest non ekuivalen. Data kuantitatif di peroleh dari pretest, postest dan N-gain yang di analisis menggunakan uji kesamaan dua varians dan kesamaan dua rata-rata serta uji U. Data kuantitatif berupa tanggapan siswa terhadap pendekatan multi representasi dalam pembelajaran sistem pernapasan melalui angket tanggapan siswa dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multi representasi berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Nilai pretes siswa mengunakan uji Mann-Whitney U yaitu p(0,580> 0,05). Nilai postes siswa menggunakan uji kesamaan dan perbedaan dua rata-rata didapatkan hasil uji t1(5,783) > tt(1,684) dan t2(11,068) > tt(1,684). N-gain kedua kelas menggunakan uji kesamaan dan perbedaan dua rata-rata didapatkan hasil uji t1(6,148) > tt(1,684) dan t2(8,339) > tt(1,684) artinya N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kontrol. Siswa kelas eksperimen memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan multi representasi. Dengan demikian, penggunaan pendekatan multi representasi dalam pembelajaran materi sistem pernapasan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata kunci : kemampuan kognitif, multi representasi, sistem pernapasan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9041089 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:09
Terakhir diubah: 04 Oct 2016 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23911

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir