PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Study Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013)

Usmantoro, ISMU RENI SEPTANTIA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Study Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (763Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi di SMP Negeri 1 Gedongtataan, diketahui bahwa pada materi pengelolaan lingkungan masih banyak siswa yang belum mencapai hasil belajar yang optimal. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya media dan metode pembelajaran yang dipergunakan oleh guru dan terbatasnya fasilitas sekolah. Selain itu guru masih menggunakan metode ceramah, merangkum, latihan soal dan sesekali menggunakan metode diskusi, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar melalui metode discovery terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS). Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIG yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar melalui metode discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 77,78%. KPS juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 48,82; postes sebesar 76,85; dan N-gain sebesar 54,55. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media gambar melalui metode discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar dan KPS siswa. Kata kunci: keterampilan proses sains, media gambar, metode discovery, pengelolaan lingkungan. Ismu Reni Septantia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 21 Jul 2014 05:57
Terakhir diubah: 21 Jul 2014 05:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir