UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN 1 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG

EVI YONA, (1413093011) (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN 1 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1283Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1283Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok siswa kelas IV SDN 1 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.hal ini ditujukan berdasarkan persentase peningkatan kinerja guru, pada siklus I mencapai 81,81 % dan pada siklus II mencapai 87,27 %. Demikian juga pada hasil belajar siswa . pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 58,13% dalam kategori tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 81,39% dalam kategori tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melaui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Kata kunci : anak, hasil belajar, metode diskusi kelompok

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 9025117 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:52
Terakhir diubah: 14 Oct 2016 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24039

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir