PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) ANTARA METODE CERAMAH DAN VIDEO ANIMASI PADA MURID KELAS V DAN VI SD NEGERI 12 METRO PUSAT

AULIA SARI PRATIWI, 1218011026 (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) ANTARA METODE CERAMAH DAN VIDEO ANIMASI PADA MURID KELAS V DAN VI SD NEGERI 12 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (961Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (962Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang berpotensi menyebabkan kematian. Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SD agar dapat melakukan tindakan pencegahan DBD di lingkungan rumah dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan tentang DBD antara metode ceramah dan video animasi pada anak kelas V dan VI SD Negeri 12 Metro Pusat. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Sampel terdiri dari siswa kelas V dan VI yang dibagi menjadi dua kelompok secara acak yang masing-masing berjumlah 36 orang. Setiap kelompok mendapatkan salah satu metode ceramah atau video animasi. Pretest dilakukan sebelum penyuluhan kesehatan dan kemudian diberikan intervensi berupa penyuluhan kesehatan yang kemudian setelahnya dilakukan posttest. Data pretest dan posttest kemudian dianalisis. Analisis data dilakukan menggunakan uji t berpasangan, uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan antara pretest dan posttest baik pada metode ceramah (p = 0,024) dan video animasi (p = 0,000). Pada penelitian ini juga didapatkan perbedaan yang bermakna peningkatan pengetahuan antara metode ceramah dengan video animasi (p = 0,005). Kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan tentang DBD antara metode ceramah dan video animasi pada anak SD kelas V dan VI SD Negeri 12 Metro Pusat. Video animasi dapat digunakan menjadi salah satu alternatif penyuluhan kesehatan pada anak SD. Kata kunci : Ceramah, Demam Berdarah Dengue, Pendidikan, Video Animasi. ABSTRACT Background : Dengue hemorrhagic fever (DHF) is acute febrile illness that potential to cause death. Health education to increase knowledge on elementary students can prevent dengue transmission in the home and school environment. The purpose of this study is to reveal the difference of knowledge increasing about DHF using lecturing and a video animation in children grade 5th and 6th Elementary School 12 Metro Centre. Research methods : This is a quasi experiment study. The sample consisted of grade 5th and 6th of elementary school students who are divided into two groups randomly, each group gets one treatment lecturing method or video animation methods only. Each group consist of 36 students. Pretest and posttest was conducted before and after treatment. Data were than analyzed using paired t test, Wilcoxon test and Mann-Whitney test. Research result : The results show that there is a significant difference between pretest and posstest of lecturing methods (p= 0,024), and also video animation methods (p = 0,000). There is also significant difference of knowledge gaining between lecturing and video animation methods (p=0,005). Conclusion : There is knowledge increasing both lecturing and video animation methods about DHF in grade 5th and 6th elementary students of public elementary school No. 12 Metro. Video animation methods can be used as an alternatif methods of health education among children in elementary school. Keywords : Lecturing, Dengue Fever, Education, Animation video.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 9076916 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:37
Terakhir diubah: 17 Oct 2016 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir