CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL IBU, DOA YANG HILANG KARYA BAGAS D. BAWONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

CARINA AURELIA , 1013041027 (2016) CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL IBU, DOA YANG HILANG KARYA BAGAS D. BAWONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (971Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (698Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (698Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah citra perempuan dalam novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas D. Bawono dan rancangan pembelajarannya di sekolah menengah atas (SMA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas D. Bawono dan rancangan pembelajarannya di sekolah menengah atas (SMA).. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas D. Bawono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan yang terdapat dalam novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas D. Bawono citra perempuan sebagai ibu dan citra perempuan sebagai istri. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa citra perempuan sebagai ibu dalam novel Ibu, Doa yang Hilang meliputi lima jenis citra, yaitu (1) ibu yang sayang terhadap anaknya,(3) citra tokoh sebagai ibu yang perhatian terhadap anaknya, (3) citra tokoh sebagai ibu yang selalu memberi petuah dan semangat terhadap anaknya, (4) citra tokoh sebagai ibu yang mandiri dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup anaknya, (5) citra tokoh sebagai ibu yang hemat dan sederhana. Citra tokoh perempuan sebagai istri dalam novel Ibu, Doa yang Hilang karya meliputi dua jenis citra, yaitu (1) citra tokoh sebagai istri yang mandiri dan mau membantu suami mencukupi kebutuhan hidup keluarga, dan (2) citra tokoh sebagai istri yang tegar. Pembelajaran menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dibelajarkan kepada siswa kelas XII semester 2 terdapat dalam silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 dapat dibuat rancangannya. Rancangan tersebut selanjutnya dapat dikaitkan dengan hasil penelitian tentang citra perempuan pada novel Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas D. Bawono untuk memahami dan menyunting teks novel dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci :citra perempuan, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> PB Modern European Languages
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 1377359 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:48
Terakhir diubah: 19 Oct 2016 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir