PENCAK SILAT PERGURUAN PERSILATAN SENI DAN BUDAYA KERATUAN LAMPUNG DAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL (Studi di Perguruan Persilatan Seni dan Budaya Kerataun Lampung dan Persaudaraan Setia Hat Terate Cabang Bandar Lampung)

ANDREF , 1216011011 (2016) PENCAK SILAT PERGURUAN PERSILATAN SENI DAN BUDAYA KERATUAN LAMPUNG DAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL (Studi di Perguruan Persilatan Seni dan Budaya Kerataun Lampung dan Persaudaraan Setia Hat Terate Cabang Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1614Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (613Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui kearifan lokal yang ada di dalam Pencak Silat Perguruan Persilatan Seni dan Budaya Keratuan Lampung dan Persaudaraan Setia Hati Terate. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yakni 4 orang dari Perguruan Persilatan Seni dan Budaya Keratuan Lampung dan 3 orang dari Persaudaraan Setia Hati Terate. Hasil penelitian diperoleh 1) perguruan persilatan seni dan budaya keratuan Lampung berdiri pada era modern sedangkan persaudaraan setia hati terate berdiri sejak zaman penjajahan 2) tujuan berdirinya kedua perguruan yakni mengembangkan kebudayaan dan mamayu hayuning bawono 3) filosopi yang ada didalam kedua perguruan seperti jadilah seorang pemimpin yang berani bertarung dan ojo sok gawe susahe lian opo alane gawe senenge lian 4) metode yang digunakan seperti melatih gerakan-gerakan yang ada di dalam perguruan dan melatih ilmu pernapasan yang ada didalam kedua perguruan. Kata kunci: Kearifan Lokal, Pencak Silat, Perguruan ABSTRACT This research aims to know the local wisdom in the martial arts in art self-defense community and keratuan Lampung culture and martial arts in “persaudaraan setia hati terate”. This research use a qualitative method with descriptive approach. The determination technique of informants in this research using purposive sampling and snowball sampling so that the informants in this research amount to 7 people including 4 people of art self-defense comunitte and keratuan Lampung culture and 3 people of "Persaudaraan Setia Hati Terate" comunitee. The results were obtained 1) Art self-defense comunitte and keratuan Lampung culture stood in the modern era, while "persaudaraan setia hati terate" comunitte stood since colonial era 2) the purpose of the establishment of the two comunitee is to developing culture and "mamayu hayuning bawono" 3) the philosophy that exist within both comunitte is be a leader that have braveness to fight and "ojo sok gawe susahe lian opo alane gawe senenge lian" 4) the methods that used is like train movements which exist in comunitee and train science of breath that exist within both comunitee. Keywords: Local Wisdom, Martial Arts, Community

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 0638318 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:39
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir