PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT

ARIF BUDIMAN, 1213053019 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2585Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1952Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Pusat. Hanya 37,50 % orang siswa dari 32 orang siswa yang mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model cooperative learning tipe number head together untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan mengetahui peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data digunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, hasil belajar afektif siswa siklus I memperoleh kategori”mulai berkembang dan pada siklus II memperoleh kategori “mulai berkembang”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa berada pada kategori “sedang” dan pada siklus II meningkat menjadi “tinggi”. Sedangkan pada hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I memperoleh kategori “terampil” dan pada siklus II memperoleh kategori “terampil”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa berada pada kategori “tinggi” dan pada siklus II berada pada kategori “tinggi”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada siklus I mencapai kategori “belum tuntas” dan pada siklus II berada pada kategori “tuntas”. Kata kunci : cooperative learning, number head together, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4169911 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 06:23
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir