PENOKOHAN DALAM NOVEL REMBANG JINGGA KARYA TJ. OETORO DAN DWIYANA PREMADI SERTA RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

YUNI SITI MARDIANI , 1213041090 (2016) PENOKOHAN DALAM NOVEL REMBANG JINGGA KARYA TJ. OETORO DAN DWIYANA PREMADI SERTA RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (917Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (918Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah jenis tokoh dalam novel Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi, bagaimanakah penokohan dan teknik penokohan, serta rancangan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis tokoh dalam novel Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi, mendeskripsikan penokohan dan teknik penokohan dalam novel Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi, serta rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengarang memunculkan enam belas tokoh dalam novel Rembang Jingga karya TJ. Oetoro dan Dwiyana Premadi. Keenam belas tokoh tersebut diklasifikasikan ke dalam sepuluh jenis tokoh diantaranya, tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, tokoh statis, tokoh berkembang, tokoh tipikal, dan tokoh netral. Ada beberapa tokoh yang dapat dikategorikan ke dalam lebih dari satu jenis tokoh. Penokohan dalam novel ini dideskripsikan melalui analisis terhadap teknik penokohan yang diungkapkan dalam bentuk tulisan oleh pengarang. Pengarang menggunakan enam teknik penokohan dalam mendeskripsikan karakter atau perwatakan pada tokoh diantaranya, teknik analitik, teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, dan teknik pikiran dan perasaan. Rancangan pembelajaran terhadap hasil penelitian, berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester genap dengan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kata kunci : penokohan, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2523122 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:12
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24225

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir