PEMBELAJARAN MENULIS PUISI LAMA DAN PUISI BARU PADA SISWA KELAS VII SMP PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RIKA RIDIA WATI, 0913041099 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI LAMA DAN PUISI BARU PADA SISWA KELAS VII SMP PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FALKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1545Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1546Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru pada siswa kelas VII SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru yang difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru pada siswa kelas VII SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis puisi lama dan puisi baru memiliki beberapa komponen yang terdiri atas identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas guru terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup sedangkan aktivitas siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas menalar, aktivitas mencoba, dan aktivitas mengkomunikasikan. Penilaian yang dugunakan guru pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan teknik penilaian penugasan dalam bentuk portofolio yang digunakan guru guna mengetahui pemahaman siswa mengenai materi penulisan puisi lama dan puisi baru yang telah diajarkan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > P Philology. Linguistics
> PA Classical philology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 3348110 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:12
Terakhir diubah: 25 Oct 2016 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24231

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir