Pencak Silat Tradisional Dan Anak Muda Perkotaan (Kajian Eksistensi Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung Pada Kalangan Anak Muda Perkotaan Bandar Lampung)

PANCA OKTA SAKTI , 1016011106 (2016) Pencak Silat Tradisional Dan Anak Muda Perkotaan (Kajian Eksistensi Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung Pada Kalangan Anak Muda Perkotaan Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1802Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1669Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji antusias anak muda perkotaan dalam mengikuti seni bela diri tradisional di tengah perkembangan ilmu beladiri yang bersifat modern di Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusias anak muda perkotaan dalam mengikuti Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung adalah karena meyakini bahwa pencak silat tradisional mampu melindungi diri mereka dan untuk menjaga kesehatan mereka, disamping juga kesadaran mereka dalam melestarikan budaya Lampung. Dalam menjaga eksistensi Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya keratuan Lampung yang bersifat tradisional, adalah dengan mengikuti berbagai event di kota Bandar Lampung yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Lampung dan muncul diberbagai media, sehingga dikenal oleh masyarakat. Hasil penelitian ini merujuk kepada teori perubahan social bahwa meskipun masyarakat terutama anak muda mengalami perubahan akan tetapi ada sesuatu yang tidak berubah yaitu keyakinan dan kepercayaan mereka bahwa perguruan tradisional ini mampu menjaga diri mereka. Kata Kunci :PencakSilat, Budaya, AnakMuda, Eksistensi, Perkotaan ABSTRACT This study aims to assess the urban youth enthusiastic in following the traditional martial arts in the development of martial arts that is modern in Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung. The method used in this study is qualitative data collection techniques of observation and in-depth interviews and documentation. Data analysis technique is done by means of data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that urban youth enthusiastic in following Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung is because it believes that the traditional martial art is able to protect them selves and to protect their health and their awareness in preserving the culture of Lampung. Maintain its presence in the Perguruan Persilatan Seni Dan Budaya Keratuan Lampung traditional nature, is to attend the event of the city of Bandar Lampung organized by the provincial government of Lampung and appeared in various media, known by the public and finally accepted in society. The results of this study refers to the theory of social change that though people, especially adolescents experience a change but there is something that has not changed is the belief and the belief that traditional college is able to keep themselves. Keywords: Pencak Silat, Culture, Youth, Existence, Cities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2710698 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2016 08:55
Terakhir diubah: 26 Oct 2016 08:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir