PERAN TOKOH DALAM TERBENTUKNYA TEMA PADA KUMPULAN CERPEN TART DI BULAN HUJAN DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

CITA DANI APRIYANTI , 1113041015 (2016) PERAN TOKOH DALAM TERBENTUKNYA TEMA PADA KUMPULAN CERPEN TART DI BULAN HUJAN DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2364Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1096Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tema kemudian peran tokoh yang terkait dengan tema dan rancangan pembelajarannya pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah cerpen yang terdapat pada kumpulan cerpen Tart di Bulan Hujan karya C. Bakdi Soemanto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan structural (objektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema yang terdapat pada kumpuan cerpen ini sebagian besar adalah tema tingkat sosial, seperti tema cinta segitiga, keserakahan, saksi mata, sandiwara kehidupan, kebohongan yang ditutupi, tindak kriminal dan tema sosial lainnya. Adapun tema yang mengenai kejiwaan pada kumpulan cerpen ini terdapat satu cerpen. tema mengenai agama atau masuk ke dalam tingkat devine terdapat satu cerpen. Tokoh utama merupakan pemeran terpenting dalam berjalannya cerita, meskipun demikian tokoh utama tidak selau menjadi pusat terjadinya permasalahan yang mendukung terbentuknya tema. tokoh utama dan tokoh tambahan memiliki peran CIta Dani Apriyanti iii masing-masing, baik antagonis maupun protagonist dalam mendukung terbentuknya tema. Teknik pelukisan tokoh menggunakan teknik langsung (telling) dan teknik tidak langsung (showing). Teknik langsung pemunculan karakter tokoh utama didominasi menggunakan karakterisasi melalalui tuturan pengarang. Teknik tidak langsung dalam pemunculan tokoh utama yang mendominasi adalah karakterisasi melalui dialog dan karakterisasi melalui tindakan para tokoh. Materi peran tokoh dalam penemaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peranan dalam media sastra seperti cerpen. Peran tersebut dapat diaplikasikan melalui kurikulum 2013 pada K.I dan K.D terkait dengan cerpen, guna mempermudah siswa dalam memahami struktur dan makna cerita pendek. Hal tersebut bertujuan agar siswa lebih mudah ketika melanjutkan pembelajaran ke tahap selanjutnya. Materi tokoh pada penemaan dapat di aplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kelas XI mengenai cerpen.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 9753338 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:22
Terakhir diubah: 28 Oct 2016 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24344

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir