IMPLEMENTASI MODUL GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) PADA SISTEM TRACKING BUS RAPID TRANSIT (BRT) LAMPUNG MENUJU SMART TRANSPORTATION

Mardiyah Azzahra, 0915031058 (2016) IMPLEMENTASI MODUL GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) PADA SISTEM TRACKING BUS RAPID TRANSIT (BRT) LAMPUNG MENUJU SMART TRANSPORTATION. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2610Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1562Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Trans Bandar Lampung merupakan Bus Rapid Transit (BRT) untuk transportasi umum di kota Bandar Lampung. Berkenaan pelayanan untuk publik, BRT belum memberikan informasi tentang waktu kedatangan atau keberangkatan bus di setiap halte. Sistem informasi yang berkaitan dengan BRT diperlukan untuk memberikan akses mudah bagi pengguna BRT. Penelitian ini mengembangkan sistem tracking pada BRT dengan mengimplementasikan modul Global Positioning System (GPS), di mana posisi bus akan dilacak dan disimpan. Posisi data yang diperoleh dan waktu yang dikirim dan disimpan ke database dengan menggunakan layanan short message service (SMS) melalui modul Global System for Mobile (GSM). Data yang disimpan kemudian diolah untuk memberikan posisi bus yang dapat diketahui oleh penumpang melalui permintaan SMS. Uji kinerja dari sistem tracking dilakukan dengan mengumpulkan data di setiap halte dari Rajabasa ke Sukaraja. Modul GPS dan GSM dipasang di bus mengukur data posisi dan waktu, dan mengirim data tersebut ke database setiap 10 detik. Sistem tracking memiliki toleransi kesalahan sebesar 19.6%. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data posisi dan waktu, dihitung juga kecepatan rata - rata dan laju bus. Hasilnya didapatkan bahwa lalu lintas terpadat terjadi dari Rajabasa ke Sukaraja pada pukul 07.00 WIB dari halte Mall Kartini ke halte Telkom Bambu Kuning dengan kecepatan rata - rata 3.464 m/s. Selain itu pukul 12.00 WIB dari halte Ramayana ke halte Simpur Center dengan kecepatan rata - rata 3.384 m/s, dan pada pukul 15.00 WIB dari halte Ramayana ke halte Simpur Center dengan kecepatan rata - rata 4.208 m/s. Hasil sistem tracking dapat diakses pada alamat web http://webgis.unila.ac.id, berisi informasi lokasi halte, jarak antar halte, waktu kedatangan bus di setiap halte dan kepadatan lalu lintas kendaraan dari Rajabasa ke Sukaraja. Kata Kunci: smart transportation, Bus Rapid Transit (BRT), Global Positioning System (GPS), Short Message Service (SMS), web Geograpich Information System (GIS).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
> Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 7974856 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2016 09:27
Terakhir diubah: 28 Oct 2016 09:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir