PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE DAN SCRAMBLE SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2015/2016

AHMAD KHUMAIDI , 1213034004 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE DAN SCRAMBLE SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1002Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1002Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran Word Square dan Scramble pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberejo sebanyak 71 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Kelas XI IPS 1 menggunakan model pembelajaran Word Square, sedangkan kelas XI IPS 2 menggunakan model pembelajaran Scramble pada pertemuan 1 dan 2. Pada pertemuan ke 3 dan 4 dilakukan rotasi model pembelajaran di setiap kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain rotasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis. Analisa data penelitian menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Word Square dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Hasil belajar menggunakan model Word Suare lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Word Square dan Scramble, Hasil Belajar ABSTRACT This research aims to know the comparison of learning result geography subject used Word Square and Scramble learning model at the ninth grade students of SMA N 1 Sumberejo that totaling 71 students and there were divided into 2 classes. The ninth grade one used Word Square learning model, while the ninth grade two used Scramble learning model at the first and second meeting. At the third and fourth meeting, the researcher did rotation learning model in each class. The research method that used was quasi-experiment with rotation design. Research sampling technique used purposive sampling with sample as much as 71 students. The technique of research data collection used written test. Data analysis that was used in this research was Independent sample t-test. Based on data analysis that conducted, the research result showed that there was different mean of students learning result that used Word Square and Scramble learning model. The learning result used Word Square learning model was higher than used Scramble learning model. Keyword: Word Square and Scramble Learning Model, Learning Result.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 7363202 . Digilib
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:59
Last Modified: 04 Nov 2016 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item